Jumat, 29 Oktober 2010

Membersihkan Windows Dari Software bajakan,,,


Membersihkan Windows Dari Software Bajakan

Mungkin gak sih, kalau kita bisa terlepas dari ketergantungan menggunakan software bajakan ?
Dengan bermodalkan kesabaran dan ulet sebenernya kita bisa kok step by step beralih menggunakan software alternatif yang gratis. Kecuali jika memang tidak ada pilihan lain selain software tersebut, yang artinya mau tidak mau kita harus merogoh kocek lebih dalam untuk membeli licensi berbayarnya atau kita tetep gunakan dengan bayangan dosa yang selalu menyertai. Nah lho ?
Kali ini saya ingin share, aplikasi gratis apa aja sih yang saya gunakan dan mungkin bisa membantu bagi yang ingin menggunakan software legal dan gratis. Eits, tapi catet ya, tidak berarti saya sendiri juga sudah terbebas sepenuhnya dari software bajakan ini lho, namun yang pasti sekarang sudah jauh lebih baik dan berusaha untuk melepaskan diri darinya :P
1. Office
Untuk aplikasi office pengganti Ms Office, saya menggunakan lotus symphony 1.3. Bisa dikatakan ini adalah openoffice dengan remake tampilan besar-besaran, sehingga software ini jauh lebih cantik dan nyaman digunakan. Tapi awas, bagi yang memorynya < 1GB sebaiknya menggunakan openoffice saja, dari pada Anda akan menggerutu karena loadingnya yang lambat :D
Tampilan Spreadsheet Symphony
Tampilan Spreadsheet Symphony
2.  Antivirus
Untuk pencegahan terhadap virus luar/internasional saya menggunakan Avira Antivir Personal, dan untuk virus lokal penjagaannya dipercayakan kepada Smadav. Keduanya bersanding dengan baik dan tidak membuat komputer jadi berat.
Bagi yang kurang suka Antivir, masih banyak alternative antivirus lain seperti avast dan comodo.
Sebagai catatan, kunci dari pemakaian antivirus sih sebenernya sesering mungkin lakukan update agar antivirus yang kita gunakan senantiasa dalam kondisi ‘fit’ untuk ‘memberantas’ virus yang masuk ke system kita.
3. Editor Grafis
Seneng retouch foto atau ngedit tampilan screenshot layar komputer ? jika ya pasti kenal dengan namanya Adobe Photoshop. Software ini memang belum ada tandingannya, bahkan saya sendiri masih kewalahan menggunakan alternatifenya yaitu GIMP, karena menunya yang masih belum familiar. Alhasil Photoshop (bajakan) masih saya gunakan, tapi untuk kasus khusus saja.
Alternatif lainnya saya lebih suka menggunakan Paint.NET. Tampilan mirip photoshop dan cukup ringan.
Tampilan Aplikasi Paint.NET
Untuk menginstall aplikasi Paint.NET ini, kita harus install dahulu .NET Runtime, karena aplikasi ini dibuat dengan platform .NET.
Selain itu, untuk software gambar vector saya mulai belajar menggunakan Inkscape, yang merupakan alternative software adobe illustrator dan corel draw.
Tampilan Aplikasi Inkscape
4. IDE (Integrated Development Environment)
Karena saya coding dengan C#, menurut saya hanya SharpDevelop saja yang bisa mendekati IDE .NET nya microsoft. Meskipun microsoft mengeluarkan versi express-nya yang free, namun tetap tidak bisa digunakan untuk komersil. Belum terbayang kalau tidak ada sharpdevelop ini mungkin saya sudah tidak berminat membuat aplikasi desktop under windows. Terlebih saya sudah tidak berminat menggunakan vb 6 bajakan :P
Tampilan Aplikasi Sharpdevelop
Untuk IDE development web (PHP + Js), sudah beberapa bulan ini saya menggunakan netbeans menggantikan macromedia dreamweaver (sekarang adobe dreamweaver). Memang html designernya belum ada tandingannya, terlebih dengan integrasi code php nya yang tidak merusak preview tampilannya. Tapi meskipun dengan netbeans php yang tidak memiliki designer toh lama kelamaan akhirnya bisa juga terbiasa dengan firefox sebagai previewnya. Sedikit memakan waktu sih, karena harus sering switch. Tapi saya sudah cukup puas bisa meninggalkan dreamweaver.
Satu lagi untuk editing file langsung biasanya pakai geany, karena sudah kebiasaan dilinux saya pakai geany sebagai text editornya.
5. CD/DVD Burning
Untuk software Burning ISO atau Copy CD/DVD saya menggunakan CDBurner XP. Tampilannya simple dan cukup ringan.
Tampilan Aplikasi CD Burner XP
Seperti Paint.NET, pastikan .NET Runtime sudah terinstall dulu ya.
6. MySQL Frontend
Saya sebelumnya sangat tergantung dengan EMS MySQL Manager sebagai MySQL Frontend, terlebih karena butuh sekali feature untuk export import data dari/ke file excel. Dengan heidiSQL terpaksa harus menggunakan format csv, tapi setidaknya untuk urusan management database lainnya masih OK koq. Kecuali itu, sekali-kali saya juga menggunakan MySQL Workbench.
Itu saja sharing saya, semoga bisa menggugah kita yang masih menggunakan bajakan untuk tidak berlama-lama lagi ya dalam bajakan. Sanggup bayar lisensi, do it !  jika tidak mulailah menggunakan alternatif software gratis.

sumber : http://cevarief.wordpress.com/2010/03/16/membersihkan-windows-dari-software-bajakan/

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Themes | Bloggerized by Free Blogger Templates | Macys Printable Coupons