Jumat, 29 Oktober 2010

Aplikasi Gratis Penunjang Aktifitas

Software Aplikasi Free Penunjang Aktifitas

Sedikit berbagi beberapa software aplikasi free yang saya pergunakan, mungkin info ini bisa membantu Anda dalam mempertimbangkan software penunjang aktifitas  sehari-hari. Jika tidak, at least bisa menambah wawasan Anda mengenai aplikasi free tsb.
1. FreeCommander
Aplikasi ini merupakan aplikasi alternatif windows explorer. Apa yang saya suka dari freecommander adalah tampilan yang bisa dibagi dua, seperti jaman Norton Commander dahulu. Bagi yang sering melakukan syncronisasi dan copy file antar folder antar drive, feature ini sangat membantu sekali.
2. PrimoPDF
Printer PDF ini sangat membantu saya dalam melakukan testing report aplikasi. Dari pada harus diprint ke kertas (pemborosan), maka proses test print dari aplikasi yang saya buat diarahkan ke PrinterPDF ini, sehingga saya cukup melihat dilayar saja hasilnya dalam bentuk file pdf, hemat bukan ?
Kecuali itu bagi Anda yang ingin membuat file PDF, tidak perlu PDF Editor khusus, Anda cukup membuat tulisan di editor pilihan Anda (Word, Writer atau Wordpad), lalu print saja ke PrimoPDF ini.
3. FoxitReader
Saya jatuh cinta dari saat pertama menggunakannya. Dengan installer yang cukup kecil, loading time yang cukup cepat dan feature standar yang sudah lebih dari cukup, bagi saya tidak ada alasan untuk berpaling ke pdf reader lainnya. Adobe acrobat reader pun terpaksa disingkirkan di pc saya :D . Simply, create file PDF menggunakan PrimoPDF dan untuk membacanya menggunakan Foxit Reader.
Yang lebih seru, saya menggunakan foxit ini sebagai pdf reader di linux Zenwalk saya menggunakan WINE, karena ketidakpuasan dari pdf reader bawaan Zenwalk. Duh…
4. EverNote
EverNote merupakan aplikasi note management yang cukup Top Markotop. Bisa menyimpan catatan kecil, gambar, potongan script program (saya pake buat nyimpen Query SQL sementara :D ), web clipping, inknote dll. Dua Jempol Deh. Dari pada menguraikan terlalu panjang, Anda bisa download dan lihat demonya (Menu Help–>EverNote Demo). For me it’s very kewl application.
5. CodeBank
Sesuai dengan nama aplikasinya, CodeBank ini berfungsi untuk menyimpan code snippet atau potongan script/kode program, comment dan semisalnya. Khusus untuk menyimpan code, penggunaan CodeBank jauh lebih nyaman dibanding menggunakan EverNote, karena aplikasi ini sudah mendukung syntax higlighting, sehingga potongan kode akan lebih enak untuk dibaca.
6. Notepad2
Bagi saya wajib mengganti Notepad bawaan windows dengan Notepad2 ini. Speed yang cepat, syntax hightlighting, dan banyak feature lainnya yang tidak ada di Notepad. Khusunya ketika membuka file text yang dicreate dilinux. Dengan notepad windows, tampilannya bisa kacau karena line separator (Carriage Return) yang berbeda antara windows dan linux. Dengan notepad2 ini masalah tersebut dapat diatasi.
7. jZip
Aplikasi alternatif untuk winzip dan winrar. Sebelumnya saya sudah cukup puas dengan winrar, namun dari pada terus menerus tergantung pada software illegal (cracked version), maka saya berpindah ke 7zip. Ternyata tidak berlangsung lama karena saya tidak menemukan kepuasan secara interface (GUI Operation). Lalu menemukan IZArc, mirip winzip/winrar. Namun sayang untuk pc dengan memory rendah waktu itu, loading timenya terasa lama. Setelah IZArc akhirnya menemukan jZip yang base-nya dari 7Zip juga. It’s simple enough. Secara interface hampir sama dengan IZArc.
Mengenai format compressinya cukup banyak bisa dihandle dari mulai standar zip, linux zip sampai file CHM pun bisa dibuka :D
8. Kamus2
Program kamus indo-english english-indo buatan lokal Indonesia (ebta setiawan) pantas diajungi jempol. Alternatif bagi yang masih pake aplikasi kamus indonesia english bajakan. Selain kosa kata yang cukup lengkap, program kamus2 ini juga sudah menyediakan phrase didalamnya. Runs well juga di zenwalk dengan WINE :D
9. Media Player Classic
Apabila Anda Anda lebih menyukai media player classic dibanding bawaan windows, maka Aplikasi ini bisa menjadi alternatif untuk memutar CD atau DVD Anda.
10. ToDoList
Untuk memudahkan merecord task-task yang Anda kerjakan, setting prosentase penyelesaiannya, priority dll sangat cocok menggunakan aplikasi ini. Loading timenya cukup cepat serta feature yang sudah cukup lengkap untuk management task harian.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Themes | Bloggerized by Free Blogger Templates | Macys Printable Coupons